MANAJEMEN PROYEK

     Halo sahabat blogger, pada kesempatan ini saya akan berbagi artikel tentang "Manajemen Proyek". tentunya masih berkaitan dengan proyek perangkat lunak. Langsung saja simak artikel berikut ini.

A Definisi Manajemen Proyek

 Menurut Soeharto (1999), Manajemen ~ adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan kegiatan anggota serta sumber daya yang lain untuk mencapai sasaran organisasi (perusahaan) yang telah ditentukan.
   Jadi, dalam kaitannya dengan proyek, Manajemen Proyek ~ adalah proses mengatur, mengelola, dan mengontrol sumber daya perusahaan pada suatu kegiatan temporer untuk mencapai suatu tujuan. Proyek tersebut tentunya sangat memerlukan sumber daya (Human, technical, dan administratif) yang harus dimanajemen dengan baik oleh masing-masing Stakeholder.

B. Acuan Manajemen Proyek

    Dalam menjalankan suatu proyek, terdapat 3 acuan yang harus diperhatikan sehingga menjadi penentu apakah proyek tersebut gagal atau berhasil atau bahkan melebihi ekspektasi client, sebagai berikut :
  1. Scope ~ adalah kualitas atau karakteristik dari suatu produk yang akan dihasilkan. Rancanglah produk yang akan dibuat sesuai spesifikasi yang diinginkan client.
  2. Time ~ adalah waktu yang harus ditempuh dalam menjalankan suatu proyek. Rangkaian kegiatan yang telah direncanakan harus dibuat terjadwal. Salah satunya dengan membuat Gannt Chart.
  3. Cost ~ adalah biaya yang harus dikeluarkan dalam menjalankan suatu proyek. Estimasikan biaya yang harus dikeluarkan terkait penggunaan sumber daya manusia dan material yang dibutuhkan. Kemudian Alokasikan dana tersebut sesuai dengan kebutuhan produk.
    Ketiga hal ini harus dipertimbangkan, karena akan saling mempengaruhi pada jalannya suatu proyek yang akan direncanakan. Semakin tinggi kualitas produk yang dihasilkan, maka akan semakin lama waktu yang harus ditempuh dan juga akan semakin banyak pula biaya yang diperlukan dalam menjalankan suatu proyek. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah kualitas barang yang dihasilkan, maka akan semakin cepat waktu yang akan ditempuh dan juga semakin sedikit biaya yang diperlukan dalam menjalankan suatu proyek. Usahakan membuat produk kualitas tinggi dengan batasan, waktu, dan biaya yang masuk akal sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dan produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan ekspektasi client.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel