DATABASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS)

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
    Hallo semuanya, jumpa lagi dengan saya,  setelah minggu lalu saya menjelaskan tentang definisi database dan penerapannya. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang DBMS (DataBase Management System). Langsung saja dah daripada penasaran!

DEFINISI DATABASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS)

    DataBase Management System (DBMS) ~ adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang dibutuhkan banyak pengguna. Berikut adalah komponen yang harus diperhatikan pada DBMS, yaitu:
  1. Pengguna (User).
  2. Perangkat Keras (Hardware).
  3. Perangkat Lunak (Software).
  4. Data.

ABSTRAKSI DATA

    Pada saat ingin membuat DBMS, Abstraksi Data merupakan awal dari proses pembuatan meliputi Level External View, Conceptual View, dan Internal atau Physical View. Abstraksi Data adalah Level tertinggi dari semua pemikiran mencakup gambaran dasar dari suatu sistem yang mengacu pada Arsitektur Perangkat Lunak. 
  1. External View ~ merupakan Level Tertinggi pada abstraksi data. Pada level ini pengguna hanya perlu mengenal struktur data sederhana berisi satu hal yang mendasari terbentuknya sistem tersebut sehingga dapat berorientasi pada kebutuhan pengguna atau kebutuhan fungsional. Misalnya, pembuatan sistem database Rumah Sakit memerlukan beberapa data seperti data pasien, dokter, resepsionis atau staf, diagnosa, dan tagihan administrasi
  2. Conceptual View ~ merupakan Level yang menjabarkan relasi Kebutuhan Fungsional sehingga menunjukkan hubungan masing-masing entitas. Misalnya pada data pasien, berisikan data nama, jenis kelamin, id_pasien dan tanggal lahir pasien. Kemudian untuk data Dokter berisikan data nama, jemis kelamin, dan id_dokter untuk menunjukkan hubungan antar kedua entitas/objek.
  3. Physical View ~ merupakan Level Terendah pada abstraksi data, yang menggambarkan bagaimana data disimpan dalam kondisi sebenarnya. Level ini sangat kompleks karena struktur data dijelaskan secara rinci. misalnya pemberian tipe data, kunci primer, kunci tamu, dan keterangan pada kolom data nama, jenis kelamin, id_pasien, dan tanggal lahir pasien.

MODEL PENGHUBUNG TABEL

    Berikut adalah Beberapa macam model penghubung tabel yang digunakan dalam pembuatan DBMS, yaitu:
  1. Model Hirarki ~ adalah model yang mengikuti pola hirarki pada suatu organisasi atau pada silsilah keluarga, dimana terdapat rekaman data yang berfungsi sebagai "Leader" dan ada yang berfungsi sebagai "Member". Dalam Model ini seorang "Leader" bisa memiliki banyak "Member", tetapi seorang "Member" hanya boleh memiliki satu "Leader". Jadi, Model Hirarki melihat turunan untuk menentukan (One to Many). berikut contoh model Hirarki:
  2. Model Jaringan ~ adalah model basis data yang merepresentasikan data sebagai koleksi turunan dan hubungan antar turunan direpresentasikan sebagai pointer. jadi, Model Jaringan merupakan pengembangan dari model hirarki yang memiliki kelemahan dalam mengelola hubungan (Many to Many). berikut contoh Model Jaringan:
  3. Model Relasi ~ adalah model basis data yang menggunakan tabel untuk menggambarkan sebuah berkas data sehingga dapat menentukan relasi antara objek dan atribut. berikut contoh Model Relasi:

DDL DAN DML

    Berikut adalah beberapa istilah atau bahasa yang digunakan pada pembuatan DBMS, yaitu:
  1. DDL (Data Definition language) ~ merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat, mengubah, dan menghapus struktur dan definisi metadata dari objek-objek database. contohnya: DROP TABLE employees;
  2. DML (Data Manipulation Language) ~ merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk memanipulasi data seperti mengambil, memasukkan, mengubah atau memperbarui, dan menghapus isi data contohnya: INSERT INTO employees (first_name, last_name, fname) VALUES ('ihsan','maulana','xmaulan00');
    Bahasa Structured Query Language (SQL) banyak digunakan dalam DDL dan DML, karena SQL mensupport hampir semua server basis data dalam melakukan manajemen basis data.

     Sekian artikel dari saya, mohon support blog saya dengan memberikan saran di kolom komentar, akhir kata saya ucapkan Wassalamu 'Alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel